Thursday, August 1, 2013

Bab 30 Telanjang di Sungai

Bali, asyik bisa bepergian ke pedesaan. Terhindar dari sesak kota, debu, polusi, kemacetan. Pemandangan alam di pegunungan Pulau Dewata luar biasa. Sawah hijau terkena sinar matahari pagi, pohon-pohon rimbun, burung terbang, beberapa anjing bermalasan. Otak segar.

Saya pandangi semua itu dari ketinggian tower 52 mtr. Bumi berputar, sinar matahari berpindah dari timur menuju barat. Pekerjaan pemasangan antena dan radio selesai, jarum jam menunjuk pukul empat sore. Saatnya turun dari tower. Bersiap melepas safety, sekilas mata menuju ke arah bawah. Sungai membentang, aliran air menderu menabrak bebatuan.

Saya gerakan mata menjauh dari sungai, sekumpulan perempuan berjalan menuju tepi sungai membawa beberapa pakaian. Tubuh mereka ditutupi kain sarung mulai dari dada. Ada anak kecil, remaja, dewasa dan nenek-nenek, jumlah mereka sekitar 15 perempuan. Ya mereka mandi di sungai lepas kain sarung tanpa sehelai benang. Telanjang. Tertawa. Tersenyum. Tak ada kekuatiran diintip, atau malu. Semua itu saya saksikan dari ketinggian tower 52 mtr.

No comments:

Post a Comment